Blog

3 Cara Bagaimana Strategi Media Sosial Terpadu Dapat Membantu Upaya SEO Anda

Strategi Modia Sosial

Sudah begitu banyak pembahasan tentang bagaimana Social Media Marketing dapat berdampak pada upaya SEO dan apakah profil media sosial dan posting dapat mempengaruhi peringkat pencarian dan visibilitas organik secara positif.

Meskipun Matt Cutt, mantan insinyur terkemuka Google membantah gagasan bahwa Social Signal adalah bagian dari algoritma peringkat Google, perdebatan mengenai pentingnya media sosial terhadap SEO hanya berlanjut di kalangan praktisi SEO. Google, lebih dari Bing, menyangkal bahwa posting Facebook dan Twitter dan popularitas adalah faktor langsung terhadap peringkat pencarian.

Meskipun kita akan menghargai apa yang dikatakan oleh Google tentang masalah ini, namun tetap dapat dipungkiri bahwa strategi media sosial yang tepat – baik berbayar maupun organik – sangatlah penting untuk membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas pencarian secara keseluruhan dari waktu ke waktu.

Mari kita lihat tiga cara untuk melibatkan media sosial ke dalam upaya SEO Anda untuk mendorong hasil yang lebih baik.

1. Social Media Marketing = Brand Building

Proses pembelian sering kali panjang, terutama saat pembeli membuat keputusan mengenai penawaran berbasis layanan atau produk barang dengan harga tinggi seperti barang mewah.

Tipe-tipe konsumen dan pelanggan bisnis seperti ini melakukan riset mereka secara online dan melakukannya dengan baik. Sebenarnya, berkali-kali mereka mungkin mulai mencari yang benar di jejaring sosial, entah itu Facebook, Twitter, YouTube, Pinterest, Instagram, atau LinkedIn.

Ekuitas dan kekuatan di balik apa yang dijual perusahaan inilah yang pada akhirnya mengubah konsumen. Lagi pula, orang membeli karena dua alasan sederhana: kepercayaan dan kemiripan seseorang atau merek.

Membuat brand sosial Anda menonjol melibatkan beberapa faktor dalam social media campaign. Meningkatkan strategi Anda mungkin akan mendukung upaya SEO Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda tingkatkan:

  • Desain identitas dan brand yang mendukung maksuda dari brand tersebut.
  • Pesan seputar brand untuk mendukung brand promise dan bahasa target.
  • Membuat komitmen terus menerus dalam pembuatan dan pengiriman konten orisinil brand.
  • Membuat komunitas advokat dengan melibatkan mereka dengan konten bermerek dan kontes.

Social Media Marketing, bila dikembangkan dan dikelola dengan benar, dapat menciptakan trust dari brand itu. Ini berarti bahwa perusahaan harus mempertimbangkan kreasi dan pemeliharaan social brand mereka sebagai sesuatu yang penting bagi target mereka menemukan dan menggunakan produk mereka.

Ketika pelanggan melibatkan brand dengan baik secara sosial, mereka pasti akan sering mengunjungi situs perusahaan tersebut beberapa kali, mereferensikan orang lain untuk mengunjungi profil sosial perusahaan dan halaman web, atau bahkan keduanya.

Baca juga : 10 Tips Memilih Nama Domain yang Sempurna

Karena orang-orang mengenal Anda dari sosial, mereka juga akan mencari brand Anda dari mesin pencarian – pada dasarnya itu berarti Anda menghasilkan permintaan. Semakin banyak permintaan yang Anda hasilkan, semakin penting brand Anda akan muncul ke mesin pencari dan semakin baik peringkat Anda dari waktu ke waktu.

Membangun brand di media sosial merupakan bagian penting dari strategi SEO jangka panjang.

2. Profil Media Sosial Tampil di Hasil Pencarian Organik

Banyak sekali contoh ketika orang mencari nama orang lain dan bukan perusahaan di Google.

Beginilah cara kita berbisnis dengan seseorang. Ini bisa jadi siapapun dari seorang sales person bahkan sampai ke seorang CEO sekalipun.

Apakah profil LinkedIn Anda muncul duluan? Jika demikian, kebanyakan pencari akan mengklik profil Anda.

Jika para pengguna melihat bahwa profil Anda tanpa informasi, mereka mungkin akan kembali ke Google atau bahkan tetap berada di LinkedIn dan menemukan pesaing Anda untuk memberikan bisnis mereka.

Begitupun halnya dengan bisnis. Artinya halaman sosial perusahaan Anda sangatlah penting.

Di sinilah mengapa memiliki strategi sosial yang solid, bersama dengan pengelolaan profil dan halaman yang aktif dan sesuai menjadi begitu penting.

Apa yang bisa Anda lakukan?

  • Miliki profil lengkap untuk setiap channel media sosial tempat brand Anda tinggal. Ini berarti pencitraan, foto, video, informasi kontak, call to action yang diperbarui, dan konten yang bervariasi.
  • Memahami bahwa reputasi Anda dan perusahaan Anda di media sosial dapat ditelusuri kembali ke kueri pencarian (atau tidak). Berarti jika Anda melakukan pekerjaan yang bagus dalam mengelola komentar dan berinteraksi positif dengan penggemar dan follower Anda (atau perusahaan Anda), Anda bisa membangun reputasi yang baik secara sosial. Ini kemudian dapat membantu menumbuhkan bagian konten Anda, mendapatkan follower baru, dan menghasilkan klik kembali ke situs Anda, sehingga menguntungkan SEO. Jangan pedulikan posting Facebook dan profil Twitter bukan faktor peringkat Google langsung. Situs itu sendiri diberi peringkat – dan lalu lintas ke situs yang dirancang dengan baik untuk user experience dapat meningkatkan stickiness dan kunjungan situs yang berulang-ulang.
  • Memastikan pengaturan profil sosial Anda disetting untuk sukses dan memahami bagaimana masing-masing channel media sosial bekerja.
  • Anda ingin memastikan apakah Anda mengizinkan orang lain menulis di timeline Anda, misalnya, pesan akan dipantau dan dikelola.
  • Jika Anda retailer dengan banyak lokasi, pastikan Anda menggunakan fungsi lokasi di Facebook atau di YouTube. Pada Pinterest, pastikan Anda memiliki Board atau Playlist yang sesuai yang melengkapi strategi SEO Anda.

3. Jejaring Sosial Memiliki Mesin Pencari Juga

Orang-orang mencari di dalam jaringan sosial.

Karena banyak dari Anda adalah profesional bisnis, mari kita bahas LinkedIn. Pernahkah Anda meninjau statistik Anda untuk melihat bagaimana pengguna LinkedIn lainnya menemukan profil Anda? Lebih dari 50% penayangan, rata-rata, masuk dari alat pencarian LinkedIn.

Seberapa baik Anda mengoptimalkan profil LinkedIn Anda? Tahukah Anda bahwa keahlian Anda, dan kata kunci terkait itu, mendorong visibilitas profil Anda di penelusuran LinkedIn?

Inilah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan minggu ini: tinjau profil LinkedIn Anda. Kaji keterampilan dan kata kunci yang terkait di setiap bagian – judul, ringkasan, pengalaman, dan sebagainya.

Optimalkan profil Anda untuk pencarian LinkedIn yang ditargetkan. Ketika orang melihat profil sosial atau profil perusahaan Anda berkali-kali, mau tak mau mereka akan mengunjungi situs Anda.

Tentu saja, jika Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan SEO di tempat mereka akan kembali atau berbagi halaman situs Anda, sehingga membantu keseluruhan peringkat SEO Anda.

Bagi Anda yang baru mengenal SEO dan menginginkan websitenya berada di peringkat atas di halaman 1 Google, A & E Web Studio, satu-satunya penyedia jasa SEO profesional yang memberikan garansi uang kembali siap membantu pengoptimasian rank situs web Anda. Segera kontak tim kami untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

Related Posts


Tips Memilih Nama Domain

7 Mei 2018

10 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Sempurna dan Pas untuk Bisnis Anda

Bicara tentang memilih nama domain, entah itu untuk website bisnis, blog, atau apapun itu, saya yakin Anda sudah mendapatkan beberapa opsi yang Anda rasa paling cocok, betul? Nama domain dan URL memiliki peran yang begitu penting ketika dikaitkan dengan pencarian (di Search Engine). Bukan sekedar tujuan di mana si pengunjung akan menemukan Anda atau konten

PPC Marketing

2 Mei 2018

Dapatkah Performance Marketing Membantu Membuat Brand Anda Sukses?

Performance Marketing menjadi cara yang umum bagi brand untuk menentukan keefektifan pengeluaran biaya iklan mereka. Dan bisa langsung mengukur bagaimana kinerja iklan terkait dengan penjualan dapat menghasilkan alokasi anggaran iklan yang lebih baik, dan dengan demikian kesuksesan bisnis secara keseluruhan semakin besar. Apa itu Performance Marketing? Konsepnya cukup sederhana: daripada membayar iklan di muka, Anda